Tak Mudah Dirikan Perusahaan
Perusahaan
adalah suatu oraganisasi yang terstruktur yang memiliki divisi divisi terterntu
yang memiliki tujuan yang sama yang dikepalai oleh satu pemimpin. Perusahaan
ini berdiri sebagai usaha profit yang mencari keuntungan di bidang ekonomi.
Biasanya perusahaan ini memberikan suatu produk maupun jasa yang bisa dipakai
sebagai alat perkembangan zaman.
Dapat
dikatakan suatu perusahaan dapat dikatakan sukses apa bila seorang humas-nya
dapat menarik simpati dan empati terhadap produk yang di produksinya. Selain
itu seorang PR yang memiliki kredibilitas tinggi selalu melihat dari berbagai
aspek dan bukan hanya menguntungkan pada konsumennya akan tetapi bisa
menguntungkan segala aspek termasuk lingkungan. Disini PR dapat di definisikan
sebagai suatu fungsi manajemen yang mengevaluasi opini, sikap, dan perilaku
publik, mengidentifikasi kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur suatu
individu atau sebuah organisasi dengan kepentingan publik, dan merencanakan
serta melaksanakan program aksi untuk memeroleh pengertian dan dukungan public.
Jadi dapat disimpulkan bahwa sebagian besar suatu perusahaan bisa sukses karena
usaha dari humasnya juga meski hanya dengan ucapan saja.
Peran
perusahaan disini juga bukan hanya memproduksi suatu produk akan tetapi
perusahaan pun mau tidak mau harus mengikuti aturan pemerintahan yang super
ketat. Dimana harus melewati tahan-tahan pemeriksaan tentang isi perusahaan
itu. Contohnya saja perusahaan makanan yang di produksi dari negeri luar mesti
dilihat kualitas makanannya apakah layak pakai atau tidak. Bukan hanya dilihat
dari produknya akan tetapi pemerintah memiliki serangkaian pemeriksaan dari
mulai cara pembuatan sampai menjadi suatu produk, seperti contoh pemeriksaan
kualitas bahan mentah dan yang paling utama adalah hasil pembuangan atau bisa
dikatakan limbah dari perusahaan itu bisa merugikan lingkungan atau tidak. Jadi
tidak aneh jika suatu perusahaan sangat berpengaruh terhadap perkembangan
jaman. Karena suatu perusahaan akan menghasilkan suatu produk yang sangat
menghasilkan banyak keuntungan ketika pasar meminta sutu produk yang menurut
public itu mendunia.
Sering
kali konsumen membutuhkan produk yang berlebihan, padahal suatu perusahaan
memberikan produk maupun jasa secara terbatas. Ini disebabkan karena bahan
dasar dan SDM yang semakin tipis yang tidak di imbangi dengan pemulihan SDM itu
sendiri. Karena desakan para konsumen, disini perusahaan mengeruk keuntungan
dengan menaikan harga atau pun membuat produk itu sendiri tanpa memperdulikan
SDM yang sudah menipis ini. Disini tugas humas atau PR berperan untuk menutupi
kekurangan perusahaan ini, dengan mengalihkan kepada produk lain yang lebih
berkualitas.
Pada
umumnya humas merupakan bidang atau fungsi tertentu yang diperlukan oleh setiap
organisasi, baik itu organisasi yang bersifat komersial (perusahaan) maupun
organisasi yang non-komersial. Mulai dari yayasan, perguruan tinggi, dinas
militer sampai dengan lembaga-lembaga pemerintahan, dan usaha bersama.
Kebutuhan akan kehadirannya tidak bisa dicegah terlepas dari kita menyukainya
atau tidak, karena humas merupakan salah satu elemen yang menentukan
kelangsungan organisasi secara positif. Arti penting humas sebagai sumber informasi
terpercaya kian terasa pada era globalisasi sekarang ini.
Jadi
dapat dikatakan humas atau PR perusahaan adalah tulang punggung perusahaan,
jika perusahaan itu ingin mendapatkan reputasi yang baik dan meningkatkan citra
perusahaan maka harus memiliki humas atau PR yang kredibilitas dan memiliki
banyak strategi untukmeningkatkan citra perusahan di mata konsumen. Apa lagi di
dunia globalisasi sekarang ini persaingan bukan hanya di kalangan perusahaan
besar tapi perusahaan kecil pun ikut adil dalam dunia bisnis.
Sesungguhnya
konsumen memiliki keinginan ingin mendapatkan produk yang berkualitas dan
terjamin kualitasnya mungkin disini konsumen tidak tau apapun tentang produk
yang di dagangkan dan apa kegunaannya, apalagi proses pembuatannya. Yang mereka
tahu bahwa perusahaan itu selalu merusak lingkungan dan menimbulkan efek yang
merugikan pada lingkungannya seperti asap karbon dioksida yang berlebihan
dan limbah yang merugikan lingkungan
sekitar. Seperti air yang tercemar dan sering mendapat keluhan dari para petani
yang dekat dengan suatu perusahaan.
Bukan
hanya di segi lingkungan ada beberapa lagi yang kejahatan suatu perusahaan
misalnya: a) kejahatan dibidang ekonomi, antara lain berupa perbuatan tidak
melaporkan keuntungan perusahaan yang sebenarnya, menghindari atau memperkecil
pembayaran pajak dengan cara melaporkan data yang tidak sesuai dengan keadaan
yang sebenarnya, persengkongloan dalam penentuan harga, memberikan sumbangan
kampanye politik secara tidak sah. b) kejahatan dibidang sosial budaya, antara
lain; kejahatan hak cipta, kejahatan terhadap buruh, kejahatan narkotika dan
psikotropika; dan c) kejahatan yang menyangkut masyarakat luas. Hal ini dapat
terjadi pada lingkungan hidup, konsumen dan pemegang saham. Kejahatan terhadap
lingkungan hidup berupa pencemaran dan atau perusakan kondisi tanah, air dan
udara suatu wilayah. Dengan demikian, dalam kejahatan lingkungan hidup, dapat
ditafsirkan lebih luas dalam konteks kerusakan yang berakibat luas, mengakibat
bencana dan merugikan umat manusia, seperti illegal logging atau pembalakan
liar.
Sebenarnya
konsumen telah di lindungi oleh pemerintah akibat kerusakan yang ada oleh
perusahaan itu. Selain pihak pemerintah usaha perusahaan pun bisa dikatakan
baik. Di awal dari seorang humas perusahaan itu sendiri. Dengan
menginformasikan kepada public tentang kebersihan perusahaan itu, mulai dari
cara pemilihan, alat yang digunakan, sampai hasil produksi. Bukan hanya itu
peran PR disini menjelaskan upaya yang melindungi alam pada perusahaan itu
seperti ikut serta dalam menanam pohon di tanah yang gundul, sampai mendaur
ulang hasil produknya yang masih bisa di pakai. Banyak contoh yang ada di dunia
ini untuk melindungi lingkungan dan SDM, seperti contoh di perusahaan bank di
Amerika yang mendaur ulang kertas bekas mereka, selain itu perusahaan P & G
yang produk menggunakan kemasan botol yang di daur ulang botol yang sudah tidak
dipakai atau sudah dipakai, dan banyak lagi yang bisa di lakukan oleh
perusahaan itu sendiri.
Oleh karena itu
keberhasilan humas bagi sebuah perusahaan sangatlah penting terutama untuk
memberikan pencitraan yang baik dan positif. Hal yang bisa dianggap berhasil
bagi humas maupun perusahaan ini karena kegiatannya yang mampu bisa mengatasi
terjadinya kerusakan dalam lingkungan di suatu perusahaan, dan memberikan efek
yang berupa respon yang positif dari pihak khalayak. Selain itu suatu
perusahaan dapat menciptakan dan mengwujudkan hubungan harmonis antara pimpinan
dan karyawannya sendiri. Ini dilakukan semua dengan upaya membina hubungan yang
sudah baik dan upaya mencegah terjadinya hubungan yang retak. Kekuat dan
kesolid dapat menarik para usahawan untuk menanamkan sahamnya. Karena
perusahaan tidak akan berjalan jika tidak menjual saham untuk mengembangkan
perusahaan itu sendiri. Semua itu dilaku
Tidak ada komentar:
Posting Komentar