The
Adult Communication Management Model
Russian Matouschka Dolls
Self
(self management): Self awareness, self analysis, and self examination
(intrapersonal)
Self
relates to the others: interpersonal (creat meaning); each others, the nature,
and state relationship.
People
in system: human system organisations; work or function in system.
Competence:
at any other level of the model
MANAJEMEN KOMUNIKASI DALAM KOMUNIKASI
ORANG DEWASA
Dalam buku Communication
Management karya Michael Kaye, terdapat model komunikasi orang dewasa yang
dianalogikan dengan ”Russian Matouschka dolls”.
Boneka terkecil merupakan bagian
yang terdalam pada konsep komunikasi orang dewasa ini. Bagian ini
merepresentasikan ”self”. Mengerti dan memahami diri merupakan tahap
yang
sangat penting dalam mencapai self-management
yang efektif. Dalam hal ini, berarti kita melakukan komunikasi intrapersonal
yang mencakup sensasi, persepsi, memori dan berfikir.
Boneka yang membungkus ”self
doll” adalah ”interpersonal doll”. Unsur interpersonal ini
terfokus pada bagaimana ”self” atau diri, berhubungan dengan orang lain,
bagaimana individu tersebut berinteraksi dengan individu lainnya dalam
melakukan proses komunikasi yang bertujuan untuk membangun makna.
Boneka ketiga adalah ”people-in-system
doll”. Disini, perhatian kita mengenai bagaimana sistem sosial atau
organisasi dimana seseorang bekerja, dapat memiliki efek pada orang
tersebut dari cara berkomunikasi dengan orang lain di dalam sistem
tersebut.
Boneka keempat yang membungkus
seluruh boneka lainnya, merepresentasikan ”competence doll”.
Sangatlah penting untuk mengerti
bahwa model kompetensi ini bukan hanya terlihat sebagai bagian terluar atau
sebagai casing saja, melainkan sebagai kompetensi manajemen komunikasi
yang bisa terdapat di semua level model ”Russian Matouscha doll” ini.
Seseorang menjadi kompeten dalam komunikasi intrapersonalnya ketika dia dapat
memahami dirinya dan dapat menimbulkan ”self control” atau kontrol
diri. Seseorang juga dapat terlihat kompeten ketika dia membangun,
mengkoordinasi dan menjelaskan makna kepada orang lain. Dan terakhir, seseorang
dapat dinyatakan kompeten ketika dia memperlihatkan kemampuan untuk mengubah
salah satu sistem yang dia jalankan atau orang lain dalam sistem tersebut.
Sumber – sumber referensi :
http://communicationdomain.wordpress.com/2010/12/18/pengantar-ilmu-manajemen-komunikasi/
www.api.ning.com/files/.../PengantarMankom2.ppt
Tidak ada komentar:
Posting Komentar