TUGAS PENGANTAR ILMU HUBUNGAN MASYARAKAT
LAPORAN KULIAH UMUM
“MENJADI PUBLIC RELATIONS YANG HANDAL DENGAN MENGOPTIMALKAN
PESAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI”
Pemnicara :
Eddy Kurnia
Vice President and
Marketing Communication
PT. Telekomunikasi
Indonesia
Syaeful Gunawan
210110100193
KELAS E-ILKOM
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
UNIVERSITAS PADJADJARAN
2011
PUBLIC RELATIONS YANG
HANDAL DAN MENGOPTIMALKAN PERAN TEKNOLOGI
Seorang
public relations (PR) yang handal bukan hanya dia berparas tampan atau pun
cantik, akan tetapi seorang PR harus memiliki wawasan yang luas dimana bisa
meyakinkan komunikannya.
Dengan
majunya zaman begitu cepat, maka semua komponen didalamnya mengalami perubahan
yang signifikan termasuk di dunia PR. Disini seorang PR dituntut untuk
mengikuti zaman dan memanfaatkan berubahan ini dengan mengoptimalkan media yang
mengalami perubahan pula.
Ada
beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan Public Relations:
-
Perkembangan ICT
-
Lingkungan bisnis
-
Perubahan Lifestyle
Diatas merupakan faktor
perkembangan PR, dimana faktor-faktor diatas memiliki keterkaitan satu sama
lain. Salah satu faktor utama yaitu perkembangan ICT karena perkembangan ini
bisa mempepngaruhi segala aspek yang didalamnya termasuk lingkungan bisnis maupun perubahan lifestyle.
Perkembangan ICT yang utama adalah media Internet, dimana pada diagram
perbandingan media Internet dengan waktu yang relative singkat bisa menyaingi
media massa yang lainnya.
Media media ICT meliputi:
-
Mainstream : Media
konvensional (news, majalah, tabloid, dll)
-
Nonmainstream : Media
kontemporer yang kini menjadi trend ( media
sosial
seperti facebook, twitter, dll)
Dan pasti memiliki
tantangan bagi ICT, diantaranya:
-
Interkativitas tinggi
-
Realtime respons
-
Media relations bersifat kompleks
-
Social-media activation semakin banyak
-
Ketersedian bandwith kurang
-
Media kontemporer semakin bervariasi
-
Marketing orientasi tinggi
Faktor perubahan Lifestyle
ini yang telah di pengaruhi oleh perkembangan ICT pun mempengaruhi dunia
bisnis. Seorang pengamat di dunia desainer bisa merubah dunia ini dengan gaya
dan warna yang ia kehendaki sehingga para pembisnis pun ikut mengalami
peruntungan.
Jadi suatu
corporate-corporate pasti memiliki daya saing yang sangat tinggi, dan tidak
bisa dipungkiri bahwa suatu produk pasti memiliki daya saing dimana berguna
untuk mengalami perubahan yang menuju lebih baik lagi. Oleh karena itu peran PR
semakin menentukan dalam persaingan yang tinggi di lingkungan industri yang
kredibilitas tinggi. Maka dari itu muncul lah suatu aksioma “the way of public communication”.
POSISI PUBLIC RELATIONS
SAAT INI
Dengan berubahnya jaman posisi PR semakin terpojokan
akan media. Maka dari itu PR harus senantiasa melakukan perubahan dengan
mengoptimalkan teknologi yang telah berkembang. Bila digambarkan posisi PR ada
pada persimpangan media non-menstream yang meningkat dengan media konfensional
yang semakin menurun. Dimana PR di tuntut untuk terus berkembang.
Ciri PR yang handal:
-
Tumbunhnya New-Media mengubah strategi PR
-
Komontitor bergerak pada internet
-
Tidak hanya lewat pada konfensional/langsung dengan cara New-Media
-
Digital media sangat berbeda dengan media tradisional
-
Pesannya secara contentrasional bukan traksyasional
Keunggulan Cyber Public Relations
-
Publikasi dan costumer relationship di internet
-
Professional
-
Disampaikan secara langsung
-
Digital Brand Image
-
Feedback langsung
-
Memberikan informasi yang relevan
-
Target langsung pada tujuan
Harapan kerja di generasi selanjutnya
-
Bekerja secara mobile
-
Menggunakan konektifitas
-
Jarak tidak mengurangi kinerja
Karakteristik di dunia kerja generasi
selanjutnya
-
Tidak segan melakukan pekerjaan
-
Berpacu pada teknologi baru
-
Cenderung bekerja sendiri dengan usahanya sendiri
Kesimpulan
Jadi
dapat disimpulkan bahwa Public Relations ini harus terus berkembang mengikuti
perubahan zaman. Dimana seorang Public Relations yang handal bisa
mengoptimalkan New-Media yang bisa membantudan memudahkan cara kerja Public
Relations.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar