Rabu, September 28, 2011

Budaya Amerika


MENGENAL AMERIKA SERIKAT

Bendera Negara Amerika Serikat


Bintang berjumlah 50 melambangkan 50 negara bagian yang ada di Amerika Serikat

Lambang Negara

     
Lambang negara Amerika Serikat atau Segel Agung Amerika Serikat adalah lambang yang digunakan sebagai segel resmi berbagai dokumen yang dikeluarkan oleh Pemerintah Federal Amerika Serikat. Lambang ini pertama kali digunakan secara umum pada tahun 1782.
Segel ini terdiri atas bagian muka dan bagian belakang. Bagian muka digunakan sebagai lambang negara Amerika Serikat dan umumnya digunakan pada berbagai dokumen resmi seperti paspor, lambang militer, pelat kedutaan besar, dan bendera-bendera Amerika Serikat. Sebagai lambang negara, desain lambang ini memiliki warna resmi; sebagai Segel Agung Negara yang dicetak embos atau dibubuhkan di atas kertas, biasanya hitam putih.
Sejak 1935, kedua sisi segel muncul pada bagian belakang pecahan uang satu dollar AS. Lambang Kepresidenan Amerika Serikat juga berdasarkan lambang ini, dan elemen-elemennya digunakan sebagai lambang berbagai institusi dan badan pemerintah Amerika Serikat.

Bahasa resmi Tidak ada bahasa resmi pada tingkat federal
-  Diproklamasikan 4 Juli 1776   
-  Diakui 3 September 1783   
Luas  
-  Total 9.826.675 km2 (ke-3/ke-4)  
Air (%) 6,76
-  Perkiraan 2011 308.871.000 (ke-3[c])  
Sensus 2000 281.421.906  
Kepadatan 32/km2 (ke-178)
Lagu Kebangsaan The Star-Spangled Banner



Amerika Serikat (bahasa Inggris: United States of America - USA atau United States - U.S.) adalah sebuah republik federal yang terdiri dari 50 negara bagian dan sebuah distrik federal. Kecuali Alaska (utara Kanada) & Hawaii (lautan Pasifik), 48 negara bagian lainnya serta distrik federalnya terletak di Amerika Utara. Amerika Serikat berbatasan dengan Meksiko dan Teluk Meksiko di sebelah selatan, dan dengan Kanada di sebelah utara dan barat laut (eksklave Alaska). Di sebelah barat negara ini berbatasan dengan Samudra Pasifik dan di sebelah timur dengan Samudra Atlantik. Selain itu, Amerika Serikat juga "memiliki" beberapa daerah di Karibia dan Pasifik, walaupun wilayah tersebut bukanlah bagian dari Amerika Serikat.
Dengan luas wilayah 9,83 juta km2 dan penduduk sebesar 309 juta jiwa, Amerika Serikat adalah negara terbesar ke-3 atau ke-4 berdasarkan total luas wilayahnya dan terbesar ke-3 berdasarkan jumlah penduduk. Negara ini merupakan negara multietnis dan multikultural, yang disebabkan oleh masuknya para imigran dari seluruh dunia. Ekonomi Amerika Serikat merupakan ekonomi yang terbesar di dunia, dengan produk domestik bruto (perkiraan 2008) sebesar AS$14,4 triliun (seperempat dari PDB dunia berdasarkan nominal dan seperlima berdasarkan paritas daya beli).[2][5]
Sebelum kedatangan orang Eropa, Amerika telah dihuni oleh orang-orang Indian selama beribu-ribu tahun. Namun populasi suku Indian menurun drastis akibat wabah penyakit dan peperangan dengan pendatang Eropa. Amerika terbentuk dari 13 bekas koloni Britania Raya yang memerdekakan diri pada tanggal 4 Juli 1776. Negara baru ini kemudian memenangkan peperangan dengan Britania Raya dalam Perang Revolusi Amerika. Pada abad ke-19, Amerika Serikat berekspansi secara besar-besaran, membeli daerah Louisiana dari Perancis, Alaska dari Rusia, serta menganeksasi daerah-daerah milik Meksiko yaitu New Mexico, Texas, dan California seusai Perang Meksiko-Amerika.
Pertentangan antara negara bagian utara dengan negara bagian selatan mengenai masalah hak-hak negara bagian serta perbudakan mencetuskan Perang Saudara Amerika pada tahun 1860-an. Negara bagian utara kemudian berhasil memenangkan perang ini dan mempertahankan persatuan negara. Ekonomi Amerika Serikat menjadi yang terbesar di dunia semenjak tahun 1870-an. Kemenangan pada Perang Spanyol-Amerika dan Perang Dunia I mengangkat Amerika Serikat sebagai salah satu kekuatan militer dunia. Pada Perang Dunia II, Amerika Serikat menjadi negara pertama yang memiliki senjata nuklir. Berakhirnya Perang Dingin dan runtuhnya Uni Soviet membuat Amerika Serikat menjadi satu-satunya negara adidaya dunia dan menjadi yang terdepan dalam hal militer, ekonomi, budaya, dan politik.
Sejarah
Amerika Serikat terbentuk dari 13 bekas koloni Inggris selepas Revolusi Amerika setelah deklarasi kemerdekaan pada tanggal 4 Juli 1776. Pada asalnya, struktur politiknya ialah sebuah konfederasi. Tetapi selepas debat yang lama dan terbentuknya Konstitusi Amerika, koloni ini akhirnya sepakat untuk membentuk negara persekutuan.
Pada abad ke-19 kekuatan AS meluas di seluruh benua Amerika Utara. Melalui paksaan, kekuatan militer, dan diplomasi, AS memperoleh banyak negara-negara bagian lain di dalam dan di luar negara seperti Kuba dan Filipina. Walaupun begitu, negara ini mengalami masalah sosial yang buruk. Dalam usaha untuk mengembangkan wilayah kekuasaan kaum kulit putih, kaum pribumi Indian telah dijadikan korban. Melalui kekuatan militer, pemusnahan, penyingkiran serta pembangunan daerah reservasi, kaum pribumi Indian telah disingkirkan. Di sebelah selatan, masih ada sistem perbudakan dengan kaum kulit hitam sebagai warga kelas kedua. Diskriminasi terhadap kaum berwarna merupakan salah satu sebab terjadinya perang saudara antara negara bagian-negara bagian Utara dan Selatan. Walaupun sistem perbudakan telah dihapuskan selepas kekalahan negara-negara bagian Selatan, diskriminasi warna kulit terus merajalela sehingga ke pertengahan abad ke-20.
Sewaktu era tersebut, negara ini terus maju menjadi sebuah penguasa perindustrian dunia, yang berterusan sehingga ke abad-20, dikenal sebagai Abad Kegemilangan Amerika atau the American Century. Dalam abad ini pengaruh Amerika semakin meluas di arena internasional dan menjadi pusat inovasi serta teknologi terunggul di dunia ketika itu. Beberapa sumbangan teknologinya termasuk telepon, televisi, komputer, Internet, senjata nuklir, kapal terbang dan perjalanan angkasa luar.
Negara ini telah mengalami beberapa pengalaman pahit seperti Perang Saudara Amerika (1861-1865) dan kejatuhan ekonomi yang buruk sewaktu "Great Depression" (1929-1939) yang bukan saja melanda Amerika malah hampir seluruh dunia. Pengalaman terbaru yang paling menyedihkan ialah serangan 9/11 pada 11 September 2001 di World Trade Center, New York, di mana hampir tiga ribu orang terbunuh akibat serangan teroris.
Dari segi sejarah, negara ini telah terlibat dalam beberapa perang dunia yang besar, dari Perang 1812 menentang Inggris, dan berpakta pula dengan Inggris sewaktu Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Pada era 1960-an Amerika terlibat di dalam Perang Dingin menentang kekuatan besar yang lain yaitu Soviet serta pengaruh komunisme. Dalam usaha membendung penularan komunisme di Asia, AS dalam Perang Korea, Vietnam dan terakhir di Afganistan. Selepas kejatuhan dan perpecahan Soviet, AS bangkit menjadi sebuah kekuatan ekonomi dan militer yang terkuat di dunia. Sewaktu tahun 1990-an, AS menobatkan dirinya sebagai polisi dunia dan tentaranya beraksi di Kosovo, Haiti, Somalia dan Liberia, dan Perang Teluk Pertama terhadap Irak yang menginvasi Kuwait. Selepas serangan teroris pada 11 September 2001 di World Trade Center dan Pentagon, AS melancarkan serangan balasan terhadap Afganistan dan menjatuhkan negara Taliban di sana dan pada tahun 2003 melancarkan Perang Teluk Kedua terhadap Irak untuk menyingkirkan rezim Saddam Hussein.

 

 

 

 

 

 

 

 

Negara Bagian

Saat dinyatakannya kemerdekaan Amerika Serikat, tiga belas koloni berubah menjadi negara bagian-negara bagian. Pada mulanya negara bagian-negara bagian ini bergabung sebagai sebuah persekutuan tetapi kemudian membentuk sebuah negara yang bersatu. Pada tahun-tahun berikutnya, jumlah negara bagian bertambah (sekarang terdapat 50 negara bagian) dengan masuknya negara bagian-negara bagian di barat, pembelian tanah dan perpecahan negara bagian-negara bagian yang sudah ada. Setiap negara bagian dibagi kepada counties (semacam kabupaten), cities (semacam kotamadya atau kota otonom) dan townships (semacam kecamatan).
Amerika Serikat juga memiliki daerah federal, Washington, DC, dan tanah jajahan seperti Puerto Riko, Samoa Amerika, Guam dan Kepulauan Virgin.
Selain negara bagian, ada satu daerah federal, dan beberapa daerah yang bisa disebut jajahan.


Geografi

Peta geografis Amerika Serikat

Amerika Serikat ialah negara terbesar ke-3 di dunia. Keadaan geografisnya amat bermacam-macam.
Iklimnya bermacam-macam menurut keadaan geografisnya, dari tropis (panas dan kering di musim panas, hangat di musim dingin) di Florida sampai tundra (dingin sepanjang tahun) di Alaska. Sebagian besar negara ini memiliki musim panas yang hangat dan musim salju yang dingin. Sejumlah bagian AS, seperti bagian California, memiliki iklim Mediterrania.
mencapai sekitar 99% dari total keseluruhan. Perserikatan Bangsa-Bangsa memberikan Amerika Serikat sebuah indeks Pendidikan 0,97, yang berada pada peringkat 12 di dunia.

Budaya

Tingkat kebudayaan Amerika Serikat tergolong maju. Hal ini terbukti dengan kemajuan teknologinya. Amerika Serikat bersama negara sahabatnya yaitu Rusia merupakan negara pionir dalam penyelidikan dan penjelajahan luar angkasa, di samping itu Amerika Serikat juga ahli dalam bidang persenjataan mutakhir.
Perkembangan Budaya Amerika Serikatsejarah, hari-hari libur, olah raga, agama, kuliner, musik, tari, dan seni rupa — banyak dipengaruhi oleh budaya eropa, khususnya inggris, serta budaya indian sebagai masyarakat asli.
Negara Amerika Serikat pada awal-awal berdirinya memberlakukan kebijakan buka pintu bagi para imigran yang datang dari seluruh dunia. Para imigran yang datang ke Amerika, dan kemudian memilih untuk menetap dan menjadi warga Amerika, oleh pemerintah diminta untuk tidak meninggalkan kebudayaannya dan tetap mempraktekannya selama tinggal di Amerika. Hal tersebut membuat budaya Amerika Serikat menjadi multikultural. Berbagai macam budaya dunia bercampur, namun budaya country dan koboi umumnya menjadi salah satu lambang dan ciri khas yang terkenal tentang Amerika.
Masyarakat Amerika Serikat mengakui mereka tidak memiliki budaya khusus turun termurun, melainkan menganggap bahwa budaya mereka adalah budaya untuk "berusaha menjadi yang terbaik". Karena tidak ada faktor kasta, agama, dan budaya yang menghalangi hal ini, masyarakat di negara tersebut mempercayai, seseorang yang berusaha untuk menjadi yang terbaik, akan dapat menjadi yang terbaik.
Budaya Amerika Serikat telah berkembang ke seluruh dunia dalam berbagai bentuk adaptasi dan telah memengaruhi seluruh dunia, khususnya dunia Barat. Musik di Amerika Serikat banyak didengarkan di seluruh dunia, dan tayangan film beserta televisi Amerika Serikat dapat dilihat di manapun. Kini sebagian besar kota di sana memiliki musik klasik dan rakyat; pusat penelitian dan museum, pertunjukan tari, musik dan drama; proyek seni terbuka dan arsitektur penting.
Amerika Serikat juga menjadi pusat pendidikan yang berkualitas tinggi. Negara tersebut memiliki lebih dari 1.500 universitas, kolese, dan berbagai institusi pendidikan, beberapa di antaranya terkenal di seluruh dunia. Di negara tersebut banyak terdapat tempat-tempat berjudi seperti di kota Las Vegas yang dikenal sebagai Sin City (Kota Penuh Dosa).

Ilustrasi seorang Koboi





Kebudayaan Indian Plains.

Indian Amerika merupakan penghuni asli benua Amerika. Sekitar 20.000 tahun yang lalu orang Indian yang tinggal dibenua Asia pergi menuju benua Amerika. Dalam The World Book Encyclopedia dijelaskan bahwa “The first Indians came to America from Asia more than 20.000 years ago” (1986: 108). Sesampainya dibenua tersebut Indian mulai menetap dan membuat pemukiman baru. Menetapnya Indian didaerah tersebut membentuk sebuah kelompok yang
mempunyai kebudayaan yang selalu berkembang. Indian Amerika terdiri dari ratusan suku yang tinggal dibagian utara dan selatan benua Amerika.
Ensiklopedia yang sama menyebutkan bahwa berdasar kemiripan dalam cara hidupnya, mereka dikelompokkan menjadi sebelas suku yaitu Indian Far North, Eastern Woodland, Plains,
Northwest Coast, California-Intermountain, Southwest, Middle America, Carribean, Andes, Tropical Forest, dan Marginal Areas (1986: 112-113). Setiap suku Indian tersebut mempunyai kebudayaan yang berbeda dengan suku yang lain. Kebudayaan mereka dapat diketahui dari cara hidup mereka sehari-hari. Selain itu, juga dijelaskan bahwa kegiatan sehari-hari dari suku indian tidak jauh dari kegiatan untuk pemenuhan kebutuhan hidup seperti mencari makan, membuat baju, dan membangun tempat tinggal. “Most daily activities of an Indian family centered around
25 providing the main necessities of life—food, clothing, and shelter.”
(1986: 110)
Dari sumber yang sama diperoleh informasi bahwa Indian plains adalah suku Indian Amerika yang tinggal didaerah dataran tengah Amerika. Mereka merupakan suku yang kehidupannya
bergantung pada alam dalam pemenuhan hidupnya.

1. Pemenuhan Makanan
Berburu, memancing, dan bercocok tanam merupakan kegiatan yang dilakukan Indian untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka. Khusus dalam kegiatan berburu mereka hanya
memburu binatang yang mereka perlukan untuk pemenuhan kebutuhan makanan mereka. Kerbau, burung, kijang, dan kelinci merupakan hewan buruan mereka.

2. Membangun Tempat Tinggal
Orang suku Indian Plains membangun rumah mereka dari kulit kerbau dan kulit kayu. Karena kehidupan mereka didasarkan pada alam maka mereka tinggal secara berpindah-pindah namun
bagi suku tertentu ada juga yang menetap disuatu daerah dalam waktu yang cukup lama.

3. Pakaian
Pakaian yang mereka gunakan berasal dari kulit bintang hasil buruan mereka. Kerbau merupakan binatang yang sering mereka ambil kulitnya untuk dijadikan pakaian.

4. Peperangan
Berperang merupakan salah satu kebudayaan Indian. Sebagian besar peperangan yang terjadi antar suku merupakan akibat dari perselisihan yang terjadi pada saat rapat para ketua suku. Memenangkan peperangan merupakan cara untuk memperoleh derajat dan kehormatan yang lebih tinggi diantara suku-suku lain. (1986: 110-119)
Bagi Indian Plains yang hidup di dataran tengah Amerika kehidupan mereka sangat bergantung kepada kerbau. Kerbau yang mereka buru merupakan unsur utama dari kebudayaan mereka.
“Agama mereka terutama ditujukan pada jaminan keberhasialn perburuan kerbau. Sistem status mereka terutama diukur dari keberhasilan dalam berburu. Cara hidup nomad mereka disesuaikan dengan migrasi kerbau.” (Horton dan Hunt, 2008: 76).


                     
Gambar – gambar Orang Indian
Kebudayaan Orang Kulit Putih Amerika

Orang-orang kulit putih Amerika merupakan imigran yang sebagian besar berasal dari berbagai daerah di Eropa. Ketika mereka tiba di Amerika kebudayaan asal mereka turut membangun
kebudayaan Amerika. Kebudayaan mereka terlihat dari kehidupan sehari-hari mereka namun secara garis besar nilai budaya, peraturan, dan sistem yang mereka gunakan berkaitan erat dengan kebebasan dan individualisme, motif mencari keuntungan, dan efisiensi. Ketiga hal
tersebut merupakan sebagian dari nilai budaya yang dimiliki mereka.

1. Kebebasan dan Individualisme
Kebebasan merupakan hal yang penting bagi masyarakat Amerika. Kebebasan juga sangat dijunjung tinggi oleh mereka. Akan tetapi, arti dari kebebasan di sini jauh berbeda dengan arti dari kebebasan murni. Sementara itu, individualisme adalah hak setiap individu untuk melakukan sesuatu berdasar keinginannya.
Jadi, kebebasan dan individualisme adalah hal yang saling terkait. Konsep kebebasan yang ada di Amerika sangat dipengaruhi oleh tiga hal, yaitu pembatasan budaya, pembatasan kebebasan, dan
pelaksanaan aturan yang berbeda.

2. Motif Mencari Untung
motif mencari keuntungan merupakan hal yang sangat mendasari perkembangan Amerika. Fakta yang ada mengenai keuntungan adalah sesuatu keuntungan belum tentu selau baik untuk masyarakat atupun untuk individu. Sebagian orang Amerika menyadari hal ini tetapi, mereka tetap saja menjadikan motif mencari keuntungan sebagai motivasi utama dalam setiap tindakan
mereka.

3. Efisiensi
Selain motif mencari keuntungan, dalam kehidupan seharihari, mereka juga selalu memperhatikan efisiensi suatu tindakan yang akan diambil. Efisiensi sangat mempengaruhi proses untuk mencapai suatu tujuan.


Beberapa Kebudayaan Amerika Serikat

HALLOWEEN
sering diamati di Amerika Serikat. Ini biasanya melibatkan berdandan kostum dan penekanan pada aneh dan menakutkan.

SWING TARI                                                                                                MODERN DANCE
                                     







OLAHRAGA




ARSITEKTUR




PERFILMAN




BEBERAPA BAHASA NONVERBAL DI AMERIKA SERIKAT













AMERICAN FOOD


Dari kiri atas : Hot Dog, Caesar Salad, Hamburger, kentang goreng, dan coke, Smoked beef,
Ayam Goreng Steak (alternatif dikenal sebagai Country Fried Steak.), Meatloaf, Kalkun panggang sandwich







Mengenal Kansas

Bendera Kansas


Nama julukan negara bagian ini: The Sunflower State

Ibukota                                    Topeka
Kota Terbesar                          Wichita
Gubernur                                 Kathleen Sebelius
Largest Metropolitan Area      Kansas City


Kansas adalah sebuah negara bagian Amerika Serikat yang terletak di tengah negara itu. Negara bagian ini dinamai sesuai dengan nama Sungai Kansas yang mengalir melewatinya. Sungai itu sendiri diberi nama dari kata dalam bahasa Sioux, Kansas yang berarti "Orang-orang dari angin selatan." Ibu kotanya Topeka dan kota terbesarnya adalah Wichita.
Kota ini terletak di jantung Negara Amerika Serikat. Secara historis, Kansas adalah tanah air banyak sekali bangsa Indian yang berburu bison di sana. Negara bagian ini pertama kali dihuni oleh bangsa Amerika kulit putih pada 1850-an. Pada awal 1854, kaum abolisionis dari New England dan para pemukim pro-perbudakan dari negara bagian tetangga, Missouri berebutan ke wilayah ini untuk menentukan apakah Kansas akan menjadi sebuah negara bagian bebas. Negara bagian yang dikenal sebagai Kansas berdarah ini adalah pusat kekerasan dan kekacauan pada awal pembentukannya ketika kekuatan dari kedua belah pihak ini berbenturan. Pada 29 Januari 1861 bergabung ke dalam Uni sebagai sebuah negara bagian bebas. Setelah Perang Saudara, jumlah penduduk Kansas meledak setelah gelombang imigran mengubah prairie ini menjadi tanah pertanian yang produktif. Kini Kansas adalah salah satu Negara pertanian yang paling produktif dan yang paling utama di seluruh Amerika Serikat dalam produksi gandum.

Geografi

Peta Geografis Kansas

Kansas berbatasan dengan Nebraska di utara; Missouri di sebelah timur; Oklahoma di selatan; dan Colorado di barat. Negara bagian ini terletak dalam jarak yang sama dari Samudera Pasifik dan Atlantik. Pusat geodetik Amerika Utara terletak di Kabupaten Osborne. Titik ini digunakan sebagai titik rujukan sentral untuk semua peta yang diproduksi oleh pemerintah. pusat geografis dari 48 negara bagian yang terjalin berada di Kabupaten Smith dekat Lebanon, Kansas, sementara pusat geografis Kansas terletak di Kabupaten Barton.
Negara bagian ini dibagi menjadi 105 kabupaten dengan 628 kota.
Kansas adalah salah satu dari enam negara bagian yang terletak di Frontier Strip.


Daftar Pustaka










SUASANA INTERVIEW
SUASANA INTERVIEW SEORANG BULE AMERIKA SERIKAT BERNAMA RICK SAAT PETANG DI KAWASAN BRAGA

SUASANA FOTO PERTAMA BERSAMA RICK
Dari kanan ke kiri : ANDIKA, SYAEFUL, AFIF, ARSYIT, RICK, SANDY, WIBI







HASIL INTERVIEW RICK
What’s your name ?
Rick
Where do you come from?
U.S.A
How long have you been in Indonesia for this time?
Two months
What the reason that you come to Indonesia?
Travelling and education
What do you do?
I’m an English Teacher in Wallstreet Institute, Jakarta.
What the reason that you come to Bandung?
To meet a friend
What’s your opinion about culture in Indonesia ?
I like it, people is very friendly, I like Nasi Goreng and Bubur Ayam.
Do you know about Pete and Jengkol?
No.
Do you know about culture shock?
Yes, I know.
Did you have some experience about culture shock?
Yeah, Indonesia has a bad traffic and too much motorcycle on the street, coz of that I just take a walk along the street and try enjoy the situation.
Please tell us about culture in your country!
I’m from Kansas that has a lot of Ladang Gandum and the popular culture like Cowboy
Tampak bule kedua yang akan kami interview, Jimm bersama guidenya

Suasana foto bersama Jimm

 HASIL INTERVIEW JIMM
What’s your name ?
Jimm
Where do you come from?
U.S.A
When do you come to Indonesia for the first time?
Ten years ago.
How long have you been in Indonesia for this time?
Six week
What the reason that you come to Indonesia?
Bussiness for engineering
What do you do?
I’m an engineer
What’s your opinion about culture in Indonesia ?
I like it, people is very friendly, but the food is too hot and spicy.
Do you know about culture shock?
Yes, I know.
Did you have some experience about culture shock?
I think no, coz I travel for my work for 20 years.
Please tell us about culture in your country!
I’m not really know, coz I’m an imigrant and U.S.A have a lot of imigrant, maybe that becomes a culture in U.S.A.

HASIL INTERVIEW RICK DAN JIMM (DUA BULE AMERIKA SERIKAT) DISERTAI PENGENALAN NEGARA AMERIKA SERIKAT

Ditujukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Komunikasi Lintas Budaya
                KELAS E – ILKOM
            ANGGOTA KELOMPOK :
·         MUHAMAD ARSYIT AWAL OKTAFIAN
·         SYAEFUL GUNAWAN
·         SANDY ASYA P
·         MUHAMMAD AFIF FRANEDI
·         ANDIKA PERDANA
·         WIBI PRATAMA

FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNPAD
2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar