Rabu, September 28, 2011

Resume Video dengan Kaitan Bab IV


Resume Video dengan Kaitan Bab IV
“Sistem Komunikasi Interpersonal”

            Disini kita akan membahas tentang faktor-faktor personal dan situasional yang mempengaruhi persepsi kita tentang orang lain. Persepsi seseorang boleh saja sesuai dan tidak sesuai dengan apa yang kita persepsikan dengan kepribadian orang itu sendiri. Kita akan membedakannya dengan contoh video tantang “Mia yang akan menikah dengan seseorang yang tidak pernah kenal akan keluarga suaminya”.

Persepsi Interpersonal
            Menurut Gordon E. Allport (1955:23) percept adalah pengalaman fenomenologis tentang objek, yakni bagaimana objek atau situasi itu tampak pada pelaku persepsi. Persepsi itu dipengaruhi dari pengaruh kebutuhan, kesiapan mental, suasana emosional, dan latar belakang budaya. Disini kita akan mengkaitkannya dengan suatu video yang akan memperlihatkan suatu bentuk persepsi intrapersonal yang dari awal pertemuan mengandung berbagai persepsi dilihat dari beberapa faktor, dimulai dari caranya berbicara, raut wajahnya dan yang lainnya. Sebagai cuplikan singkatnya sebagai berikut: Seorang wanita yang bernama Mia, dia akan menikah dengan calon suaminya, akan tetapi Mia belum pernah tau atau kenal sama sekali akan calon mertuanya. Ia pun merasa gelisah apa yang harus dia lakukan ketik bertemu dengan calon mertuanya langsung. Disinilah Mia mulai mendeskripsikan persepsinya  tentang calon mertuanya. Seiring waktu berjalan kegelisahan Mia pun terkikis begitu saja karena kedekatannya dengan calon mertuanya. Dan akhirnya Mia bisa masuk kedalam keluarganya dan di akui oleh keluarganya ini semua tidak lepas dari faktor interpersonal nya yang mendeskripsikan persepsinya dan menentukan jalan keluarnya. Ada beberapa pengaruh yang akan mempengaruhi persepsi seseorang diantaranya:

Penagruh faktor-faktor situasional pada intrepersonal.
            Faktor-faktor situasional itu adalah menduga karakteristik orang lain deri petunjuk-petunjuk (meliputi deskripsi verbal dari pihak ketiga, petunjuk prosemik, kinesik, wajah, paralinguistic, dan artifaktual) ekaternal yang dapat diamati.

Deskipsi Verbal
Menurut Shaver (1977:107) kita biasanya memulai pada central trait, menjelaskan sifat itu secara terperinci, baru melanjutkan pada sifat-sifat yang lain. Contohnya video itu di salah satu cuplikannya menayangkan sebuah ekperimen dengan menaruh kedua orang yang sama tapi keduanya itu memiliki perbedaan di tingkat keseriusan. Ketika dia diberikan lawan bicara masing-masing dan melontarkan pertanyaan yang sama pula, hal hasil mereka akan tampak berbeda terlihat dari non-verbal atau gerak tubuh yang mereka lakukan meskipun terkesan sama. Jadi meski memiliki karakteristik yang sama akan tetapi persepsi yang dia punya akan berbeda satu sama lainnya. Atau pada video Mia, Mia menilai calon mertuanya seseorang yang tegas, baik, bijak dan dingin, dia bisa menilai dari cerita calon suaminya.

            Petunjuk Prosemik
Menurut Edward T. Hall,  prosemik adalah studi tentang penggunaan jarak dalam menyampaikan pesan, dimana jarak disini terbagi menjadi empat bagian yaitu jarak public, jarak sosial, jarak personal, dan jarak akrab. Contohnya saja di video Mia, ketika pada saat makan bersama Mia meiliki jarak dengan calon mertuanya beda halnya dengan calon suaminya yang memiliki jarak intim yang lebih dekat. Dimana di sini Mia dan calon mertuanya belum terlihat akrab, tetapi seiringnya waktu dan kebersamaannya Mia dan calon mertuanya sudah memiliki jarak intim yang lebih dekat lagi karena aktifitasnya.

            Petunjuk Kinesik
Petunjuk kinesik adalah sukar untuk dikendalikan secara sadar oleh orang yang menjadi stimuli/orang yang dipersepsikan. Jadi subjek ini ternyata dapat melakukannya dengan kecermatan yang sukar diduga hanya sebagai kebetulan saja (Secord dan Backman, 1964:62). Contohnya untuk memperjelas pada bagian ketika Mia sedang berinteraksi mengutarakan pendapatnya tentang mendekor pernikahannya, ketika itu calon mertuanya menutup mulut dengan tidak sengaja Mia menafsirkan dia akan emberikan pendapat tetapi dia lebih memilih diam.

            Petunjuk Wajah
Menurut tokoh retrorika Romawi, yang bernama Cicero berkata, “wajah adalah cermin jiwa”. Contohnya ketika Mia melihat wajah calon mertuanya yang menurut persepsi Mia dia adalah orang yang dingin.

            Petunjuk Paralinguistik
Paralinguistik ialaha cara bagaimana orang mengucapkan lambing-lambang verbal yang meliputi tinggi-rendahnya suara, tempo bicara, gaya verbal/dialek, dan interaksi/perilaku ketika melakukan komunikasi. Terlihat ketika Mia melihat cara bicara calon mertuanya yang terkihat hati-hati, pelan, dan tidak bicara panjang lebar hanya beberapa patah kata saja. Disini Mia menilai bahwa calon mertuanya belum mempercayai dirinya sepenuhnya.


            Petunjuk Artifaktual
Artifaktual meliputi segala macam penampilan atribut yang dia gunakan. Mia ketika akan bertemu dengan calon keluarganya dia hanya menggunakan pakaian yang sederhana, dimana diai ingin menunjukan bahwa dia sesosok orang yang sederhana.

Penagruh faktor-faktor personal pada persepsi interpersonal
Pengalaman
Dalam pengalaman Mia ketika dia bertemu dengan keluarganya maka dia akam melakukan pelukan hangat, begitu pun ketika Mia bertemu denga calon mertuanya meski belum pernah ketemu dia pun memprilakukan calon mertuanya seperti ibunya sendiri.

Motivasi
Dari awal Mia ragu akan calon keuarganya tidak bisa menerima Mia sebagai bagian keluarganya. Terlihat pada hari pertama Mia tinggal bersama calon mertuanya, dia merasa gelisah dan tidak yakin bahwa dirinya pantas menjadi istri yang baik. Banyak tingkah laku dan perbuatan  keluarganya acuh dan bersikap dingin pada dirinya, tetapi seiringnya waktu berlalu Mia berusaha agar dia bisa masuk pada keluarganya dengan memotivasi dirinya sendiri bahwa dia bisa menjadi calon istri yang baik untuk calon suaminya dengan merebut hati keluarganya terlebih dahulu.

Kepribadian
Dapat dilihat ketika pertamakali dia bertemu dengan calon mertuanya, dia menunjukan dia bisa bergaul dengan siapa saja. Dia berperilaku hangat pada calon keluarganya tetapi itu semua bertentangan dengan kepribadiannya bahwa dia tidak tau menau tentang calon keluarganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar