Rabu, September 28, 2011

Laporan


TUGAS PENGANTAR ILMU HUBUNGAN MASYARAKAT
LAPORAN KULIAH UMUM
“MENJADI PUBLIC RELATIONS YANG HANDAL DENGAN MENGOPTIMALKAN PESAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI”
Pemnicara :
Eddy Kurnia
Vice President and Marketing Communication
PT. Telekomunikasi Indonesia

Syaeful Gunawan
210110100193
KELAS E-ILKOM

FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS PADJADJARAN
2011

PUBLIC RELATIONS YANG HANDAL DAN MENGOPTIMALKAN PERAN TEKNOLOGI
            Seorang public relations (PR) yang handal bukan hanya dia berparas tampan atau pun cantik, akan tetapi seorang PR harus memiliki wawasan yang luas dimana bisa meyakinkan komunikannya.
            Dengan majunya zaman begitu cepat, maka semua komponen didalamnya mengalami perubahan yang signifikan termasuk di dunia PR. Disini seorang PR dituntut untuk mengikuti zaman dan memanfaatkan berubahan ini dengan mengoptimalkan media yang mengalami perubahan pula.
            Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan Public Relations:
-          Perkembangan ICT
-          Lingkungan bisnis
-          Perubahan Lifestyle
Diatas merupakan faktor perkembangan PR, dimana faktor-faktor diatas memiliki keterkaitan satu sama lain. Salah satu faktor utama yaitu perkembangan ICT karena perkembangan ini bisa mempepngaruhi segala aspek yang didalamnya termasuk  lingkungan bisnis maupun perubahan lifestyle. Perkembangan ICT yang utama adalah media Internet, dimana pada diagram perbandingan media Internet dengan waktu yang relative singkat bisa menyaingi media massa yang lainnya.
Media media ICT meliputi:
-          Mainstream             : Media konvensional (news, majalah, tabloid, dll)
-          Nonmainstream       : Media kontemporer yang kini menjadi trend ( media                                    sosial seperti facebook, twitter, dll)
Dan pasti memiliki tantangan bagi ICT, diantaranya:
-          Interkativitas tinggi
-          Realtime respons
-          Media relations bersifat kompleks
-          Social-media activation semakin banyak
-          Ketersedian bandwith kurang
-          Media kontemporer semakin bervariasi
-          Marketing orientasi tinggi
Faktor perubahan Lifestyle ini yang telah di pengaruhi oleh perkembangan ICT pun mempengaruhi dunia bisnis. Seorang pengamat di dunia desainer bisa merubah dunia ini dengan gaya dan warna yang ia kehendaki sehingga para pembisnis pun ikut mengalami peruntungan.
Jadi suatu corporate-corporate pasti memiliki daya saing yang sangat tinggi, dan tidak bisa dipungkiri bahwa suatu produk pasti memiliki daya saing dimana berguna untuk mengalami perubahan yang menuju lebih baik lagi. Oleh karena itu peran PR semakin menentukan dalam persaingan yang tinggi di lingkungan industri yang kredibilitas tinggi. Maka dari itu muncul lah suatu aksioma “the way of public communication”.

POSISI PUBLIC RELATIONS SAAT INI
            Dengan berubahnya jaman posisi PR semakin terpojokan akan media. Maka dari itu PR harus senantiasa melakukan perubahan dengan mengoptimalkan teknologi yang telah berkembang. Bila digambarkan posisi PR ada pada persimpangan media non-menstream yang meningkat dengan media konfensional yang semakin menurun. Dimana PR di tuntut untuk terus berkembang.
Ciri PR yang handal:
-          Tumbunhnya New-Media mengubah strategi PR
-          Komontitor  bergerak pada internet
-          Tidak hanya lewat pada konfensional/langsung dengan cara New-Media
-          Digital media sangat berbeda dengan media tradisional
-          Pesannya secara contentrasional bukan traksyasional


Keunggulan Cyber Public Relations
-          Publikasi dan costumer relationship di internet
-          Professional
-          Disampaikan secara langsung
-          Digital Brand Image
-          Feedback langsung
-          Memberikan informasi yang relevan
-          Target langsung pada tujuan
Harapan kerja di generasi selanjutnya
-          Bekerja secara mobile
-          Menggunakan konektifitas
-          Jarak tidak mengurangi kinerja
Karakteristik di dunia kerja generasi selanjutnya
-          Tidak segan melakukan pekerjaan
-          Berpacu pada teknologi baru
-          Cenderung bekerja sendiri dengan usahanya sendiri

Kesimpulan
            Jadi dapat disimpulkan bahwa Public Relations ini harus terus berkembang mengikuti perubahan zaman. Dimana seorang Public Relations yang handal bisa mengoptimalkan New-Media yang bisa membantudan memudahkan cara kerja Public Relations.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar