Rabu, September 28, 2011

Resume Film



Goresan Tinta Perjuangan Sang Jurnalis

Bagian pertama
Penjelasan tentang tokoh utama :
1.      Veronica Guerin ( Cate Blanchet )
Wanita separuh baya ini adalah seorang tokoh jurnalis yang sangat terkenal dalam dunia jurnalistik. Ibu dari seorang anak laki-laki ini adalah seorang wartawan dari sebuah redaksi, yaitu “ Sunday Independent “. Dibalik sifat kecerobohannya dalam berkendara, sosok Veronica Guerin merupakan tokoh jurnalistik yang menjadi panutan dan teladan dalam dunia jurnalistik. Ia memiliki keberanian yang tinggi dan mungkin sangat jarang dimiliki oleh wartawan pada umumnya. Keberanian untuk mengungkap suatu kejahatan yang disadari oleh masyarakat pada umumnya, namun menjadi sesuatu yang dihiraukan begitu saja. Ia tidak pernah gentar terhadap berbagai terpaan dan ancaman yang menghadang, dikala ia tengah menyelesaikan suatu pemberitaan. Ia adalah sosok wanita yang tidak kenal kata putus asa. Verinica Guerin tidak akan pernah berhenti mencari berbagai informasi dan juga menghadapi berbagai situasi yang cukup sulit, sebelum ia berhasil menyelesaikan berbagai permasalahan yang sedang diliputnya. Kecerdikannya mampu mematahkan berbagai argument yang dilontarkan terhadap dirinya maupun berita yang sedang ia selesaikan. Sosok seorang individu yang mampu membangkitkan semangat dan juga kesadaran masyarakat luas untuk memberantas kejahatan, terutama mengenai kasus peredaran narkoba. Veronica selalu mempunyai berbagai strategi untuk mendapatkan inforasi yang dibutuhkannya. Ia tak pernah mempedulikan seberapa besar keuntungan yang ia dapatkan dari suatu pemberitaan yang dibuatnya. Karena ia telah mendedikasikan seluruh hidupnya dalam dunia jurnalistik




2.      Graham Turley
Sosok figure seorang suami yang begitu setia menemani isterinya dalam berbagai permasalahan yang dihadapinya. Walaupun ia mengetahui bahwa pekerjaan yang sedang ditekuni oleh sang isteri menghadapkannya pada suatu permasalahan dan bahaya yang cukup besar, dan meskipun seringkali ia menentang dan  mencoba memperingati isterinya akan sesuatu yang seharusnya tidak dilakukannya, namun Turley tetap setia memenuhi tanggung jawabnya untuk selalu menjaga dan mendukung setiap kegiatan isterinya. Ditengah kesibukannya, Turley pun mampu menjadi figure seorang ayah yang bertanggung jawab, sekaligus mampu menjaga dan memberikan kebahagian bagi sang buah hati, juga keluarganya.
3.      Chris Mulligan
Salah seorang sehabat Veronica yang bekerja sebagai salah satu anggota kepolisian. Laki-laki ini selalu menjadi tempat atau sumber informasi ketika Veronica membutuhkan informasi terkait permasalahan yang akan diberitakannya. Chris selalu tidak mampu untuk menolak setiap rayuan dan permintaan Veronica untuk mendapatkan referensi dan berkas-berkas yang ia butuhkan.
4.      Martin Cahill
Seorang bandar narkoba yang mempunyai andil yang cukup besar dalam peredaran narkoba di Irlandia. Karena pengaruh dan kekuasaanya dalam bisnis peredaran narkoba, Cahill diberi julukan “ Si Jenderal “. Namun, karena persaingan antar pengedar narkoba di Negara tersebut, akhirnya Cahill dan seluruh anak buahnya terbunuh oleh kelompok lain.
5.      John Trayner
Pria bertubuh besar dan mempunyai kumis yang menyerupai tokoh Adolf Hittler ini merupakan salah satu teman Veronica. Ia mempunyai suatu bisnis besar dibidang penjualan kendaraan roda empat. Veronica banyak mencari informasi melalui pria teersebut. Namun tak disadari oleh veronica, bahwasannya Trayner adalah salah satu anggota dari bandar narkoba terbesar di Irlandia.
6.      John Gilligan
Gilligan adalah salah satu bandar narkoba yang terbesar di Irlandia. Aset dan kekayaan yang dimilikinya dari hasil pengedaran narkoba mampu membeli hokum yang terdapat di Negara tersebut. Sehingga, ia tidak dapat disentuh oleh hukum. Walaupun, ia pernah menjadi tahanan Negara. Dan pada akhirnya pun ia terbebaskan. Pria yang temperamental ini adalah salah satu saingan bisnis dari Martin Cahill. Ia mampu melakukan berbagai macam cara agar tidak ada sesuatu apapun yang dapat menghalanginya dalam bisnis yang ia jalani.
7.      Gerry Hutch
Seorang tokoh yang mempunyai sifat agak pendiam dan cukup tenang. Ia dituduh sebagai salah satu pengedar narkoba karena ‘uang panas’ yang tercium oleh kepolisian melalui pajak penghasilannya. Hutch pun mendapat tuduhan atas pembunuhan Martin Cahill.
8.      Aengus
Sosok pria tua yang mempunyai jabatan dan wewenang tertinggi dalam Sunday Independent. Walaupun terkadang ia disalahkan dan ditentang oleh pihak lain atas pemberitaan yang dibuat oleh Veronica Guerin, namun ia tetap selalu mendukung segala pemberitaan yang ditulis olehnya. Ia salah satu orang yang menyadari bahwasanya Veronica Guerin itu adalah sosok seorang jurnalis yang cukup hebat dibidangnya.

Kisah ini berawal di Dublin, irlandia pada tahun 1994. Pada saat itu, perdangan narkoba telah mencapai tingkat tertinggi di Irlandia. Lima belas ribu orang memakai heroin setiap harinya. Dan pasien termuda di kllinik rehabilitasi berusia 14 tahun. Pada saat itu, Veronica Guerin adalah salah seorang jurnalis  yang cukup dikenal publik sering menulis skandal gereja dan korupsi. Kini ia mulai meliput berita kriminal. Hasil kerjanya menghadapkannya pada sindikat penjahat, tapi ia tidak dapat membuktikan keterlibatan mereka dalam peredaran narkoba. Lalu investigasinya pun membawanya tenggelam ke dalam dunia para penjahat tersebut.
Veronica memulai penyelidikannya dan mendapati suatu keadaan yang sangat mengenaskan, dimana di setiap sisi jalan di kota tersebut terdapat banyak sekali suntikan narkoba yang telah habis dipakai, berserakan di jalanan. Bahkan, tidak sedikit anak-anak kecil yang dapat memungutnya dan menggunakannya sebagai suatu mainan yang tidak aneh lagi, tanpa mengetahui seberapa besar bahaya yang dapat ditimbulkan dari barang-barang tersebut.
Salah seorang anggota pengedar narkoba bernama Jamey ditemukan tewas dalam keadaan yang sangat mengenaskan. Pelaku pembunuhan sadis itu tidak lain adalah pemimpin dari kelompok tersebut, yaitu Martin Cahill. Cahill salah satu bandar narkoba terbesar yang cukup berpengaruh di daerah tersebut.
Di sisi lain, Veronica adalah seorang ibu dari seorang anak laki-laki. Ia begitu periang dan juga mempunyai berbagai macam strategi dalam menjalin hubungan yang harmonis dalam mendidik dan membesarkan buah hatinya. Salah satunya adalah dengan cara mengajak anaknya bermain sepak bola di sore hari, agar anak tersebut merasa kelelahan di malam hari, dan dapat tidur dengan mudah. Salah satu strategi yang mungkin tidak disadari oleh setiap orang tua pada umumnya.
Salah satu strategi penjualan narkoba yang dilakukan oleh para pengedar adalah dengan menggunakan anak-anak dibawah umur. Karena mengetahui kalau polisi takkan menyentuh mereka. Padahal, di daerah tersebut telah banyak korban yang meninggal akibat over dosis. Sebagian besarnya adalah anak-anak yang masih dibawah umur atau beranjak remaja. Polisi tutup mata atas berbagai peristiwa tersebut. Bahkan sebagian orang menganggapnya sebagai suatu permasalahan keluarga. Namun, sebagian lainnya masih mempunyai kepedulian tinggi, dan pada akhirnya mereka berkumpul dan membentuk Yayasan Orang Tua Peduli Narkoba.
Pertama, Veronica menemui teman namanya yang bernama John Trayner. Trayner adalah seorang pengusaha yang bergelut dalam bisnis penjualan mobil mewah. Ia pun menyarankan kepada Veronika agar menjauhi Cahill, karena ia cukup berbahaya. Namun Veronica tetap datang ke kediamannya mulai menggali informasi dari Martin Cahill “ Si Jendral”. Namun ia tidak berhasil mendapatkan informasi apa pun mengenai keterkaitan “ Si Jendral “ sebagai pengedar narkoba.
Kemudian, Veronica pergi ke kantor polisi dan menemui temannya, Chriss. Ia meminta tolong kepada Chriss agar diperbolehkan untuk melihat berkas-berkas mengenai Martin “ Si Jendral “. Disatu sisi, Trayner datang ke sebuah peternakan kuda yang sangat besar milik seorang yang bernama John Calligan,salah seorang bandar narkoba terbesar. Calligan adalah salah seorang mantan narapidana yang baru saja dibebaskan satu tahun yang lalu. Ia adalah seorang yang sangat emosional. Trayner datang untuk memberitahu boss nya tersebut agar melunasi hutangnya kepada Martin Cahill, saingan bisnisnya. Namun, ternyata Calligan mengerahkan anak buahnya untuk menghabisi nyawa martin Cahill beserta seluruh anak buahnya.
Dalam acara pemakaman Martin Cahill, Trayner berupaya mengecohkan Veronica Guerin, dengan memberikan informasi bahwasannya Gerry Hutch lah orang yang berada dibalik kasus pembunuhan Martin Cahill. Veronica pun terpancing dan mencoba mewawancarai Hutch. Ia mengikuti Hutch dan menemuinya di kediamannya. Karena atasan Veronica, Aengus, tidak yakin atas tuduhan tersebut, maka Veronica pun kemudian menemui Trayner yang tengah berada di sebuah tempat prostitusi untuk meminta konfirmasi dan kejelasan atas informasi yang telah ia berikan.
Veronika mulai mendapat berbagai macam teror . Sesungguhnya keluarga Veronika mulai merasa cemas tentang pekerjaannya yang mencoba menguak tentang peredaran narkoba. Setiap malam Veronika selalu mengumpulkan berbagai artikel dan juga informasi terkait masalah peredaran narkoba tersebut, meskipun suaminya, Graham Turley, telah melarangnya untuk terus melanjutkan obsesinya tersebut yang dapat mengancam keselamatannya.
Veronika pun kembali menemui Chriss di kantornya. Seperti biasanya, Veronika selalu merayu Chriss agar ia dapat mengetahui informasi yang ia inginkan. Dan pada akhirnya ia mendapati satu lagi target investtigasinya, yaitu John Cilligan.
Lalu pada suatu malam, ada seseorang yang mengenakan pakaian berwarna serba hitam dengan helm yang menutupi kepalanya, mengetuk pintu rumah Veronika. Dan ketika ia membukanya, pria tersebut kemudian menembakan sebuah timah panas kearah kaki kanan sang jurnalis yang hendak pergi ke pesta tersebut.
Setelah beberapa hari dan seiring semakin membaiknya kondisi kesehatan Veronika pasca penembakan tersebut, ia tetap bersikeras untuk kembali menguak kasus tersebut. Perdebatan punterjadi antara Veronika dan Turley. Namun pada akhirnya, sang suami bersedia untuk mengantarkan dan juga menemani sang isteri yang tetap tegar untuk terus mencari informasi, walaupun dalam kondisi yang cukup memprihatinkan, dengan bantuan kedua tongkat apabila ia ingin berjalan.
Saat keadaannya benar-benar cukup pulih, Veronika pun pergi untuk menemui John Calligan di peternakan kuda miliknya. Dan saat bertemu dengan sang jurnalis, lelaki yang temperamental ini pun melakukan berbagai penyerangan fisik terhadap Veronika, hingga wajah dan juga sekujur tubuhnya lebam dan penuh dengan luka akibat pukulan. Keesokan harinya, Gilligan menelepon Veronika dan mulai memberikan ancaman secara langsung  terhadap keselamatan dirinya dan keluarganya. Gilligan meminta agar wanita tersebut tidak lagi ikut campur dalam berbagai permasalahan yang dituduhkan  kepadanya.




Saat Veronika tengah menemui Trayner dan berbincang-bincang dengannya di sebuah bar, tiba-tiba gadis yang sering terlihat bersama Trayner pun spontan berbicara kepada Veronika, bahwasannya Trayner lah yang telah memerintahkan seseorang untuk percobaan pembunuhan terhadap Veronika.
Setelah mengeahui bahwa ia telah dijebak. Hingga pada suatu hari, saat veronica yang tengah menyetir sambil menggunakan telepon genggamnya di dalam mobil, saat lampu lalu lintas menandakan untuk berhenti. Muncul lah 2 orang pria yang mengendarai sebuah sepeda motor menghampirinyi dari sisi sebelah kanan mobilnya. Kemudian salah satu dari pria tersebut mengarahkan sebuah pistol kearah Veronika dan menembakannya berkali-kali, hingga menyebabkan nyawanya tidak dapat tertolong lagi. Pada tanggal 26 Juni 1996 tersebutlah veronica dikabarkan telah meninggal dunia.
Kepergian sosok eorang Veronica Guerin sangat menyakitkan bagi keluarga yang ditinggalkannya. Ia pergi untuk selamanya dan meninggalkan seorang suami dan juga seorang anak. Dunia jurnalistik mengalami goncangan yang  luar biasa sejak peristiwa tersebut. Kepergian sosok pahlawan yang mencoba menegakan kebenaran menggunakan goresan-goresan tinta, sungguh merupakan suatu hal yang tidak terbayangkan dalam benak setiap orang.
Sejak kepergiannya, masyarakat mulai bangkit untuk memerangi narkoba. Semakin banyak pula warga Irlandia yang turun ke jalan untuk berdemo mengenai pemberantasan narkoba di wilayah mereka. Para pengedar di Dublin tersingkir, bandar narkoba pun bersembunyi. Semminggu setelah kepergiannya, dalam rapat dadakan parlemen , perintah ngerubah UU Republik Indonesia. Akhirnya, John Calligan beserta anak buahnya. Enam tahun setelah tewasnya Veronika Guerin, lebih dari 196 wartawan di seluruh dunia , tewas dalam tugas.








Bagian kedua
Pendapat mengenai dunia kewartawanan berdasarkan film “ Veronica Guerin “
Wartawan adalah salah satu profesi yang bergerak di bidang jurnalistik. Pekerjaan wartawan dilihat dari segi komunikasi adalah sebagai sesuatu yang flexible . Dimana pada satu sisi ia berperan sebagai komunikator yang menyampaikan suatu pesan melalui media, dan ia harus bisa memposisikan dirinya sebagai seorang komunikan, dimana ia harus dapat mendengarkan dan mencermati setiap kejadian atau peristiwa yang terjadi di sekitarnya. Bahkan ada pula yang menyebutkan pekerjaan ini dianggap sebagai suatu mediasi, dimana wartawan tersebut menyampaikan kembali suatu keadaan atau pesan yang berbentuk berita kepada publik melalui media cetak maupun media elektronik.
Dalam setiap profesi, tentu saja diperlukan tanggung jawab yang besar,kejujuran, dan juga kedisiplinan. Namun, sebagai seorang jurnalis atau wartawan yang bekerja mencari berita, saya pikir tidak ada kata “ istirahat “ dalam pekerjaan mereka. Karena, seorang wartawan harus selalu dapat menggunakan kelima inderanya kapan pun dan dimana pun. Contoh yang begitu nyata tentang kehidupan seorang wartawan, dapat kita lihat dari sosok seorang ‘Veronica Guerin’. Figur seorang wartawan suatu redaksi yang tidak pernah menutup matanya terhadap berbagai macam informasi dan berita-berita yang dapat disajikan atau disampaikan kembali kepada masyarakat melalui media. Tanggung jawab seorang wartawan sangatlah besar, karena mereka harus mampu mempertanggung jawabkan kebenaran informasi dan berita yang mereka sampaikan. Tak jarang pula mereka dihadapkan pada suatu bahaya dan resiko yang dapat mengancam keselamatan jiwa mereka sendiri. Seperti Veronica Guerin yang selalu tegar dan tanpa putus asa, selalu mencari dan menggaali informasi yang dibutuhkan dari sumber apa pun, walaupun ia  dihadapkan pada suatu bahaya yang sangat besar. Bahkan ia telah mendapat berbagai teror dan ancaman karena pekerjaannya tersebut. Tak jarang pula wartawan di berbagai belahan dunia yang kehilangan nyawa mereka ketika sedang bertugas untuk mencari suatu berita. Mereka dapat dikatakan sebagai pahlawan yang mengibarkan bendera kebenaran dan keadilan melalui tulisan-tulisan yang berisi tentang suatu keadaan yang benar-benar real dan dapat dipertanggung jawabkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar