Rabu, September 28, 2011

Tak Mudah Dirikan Perusahaan


Tak Mudah Dirikan Perusahaan
Perusahaan adalah suatu oraganisasi yang terstruktur yang memiliki divisi divisi terterntu yang memiliki tujuan yang sama yang dikepalai oleh satu pemimpin. Perusahaan ini berdiri sebagai usaha profit yang mencari keuntungan di bidang ekonomi. Biasanya perusahaan ini memberikan suatu produk maupun jasa yang bisa dipakai sebagai alat perkembangan zaman.
Dapat dikatakan suatu perusahaan dapat dikatakan sukses apa bila seorang humas-nya dapat menarik simpati dan empati terhadap produk yang di produksinya. Selain itu seorang PR yang memiliki kredibilitas tinggi selalu melihat dari berbagai aspek dan bukan hanya menguntungkan pada konsumennya akan tetapi bisa menguntungkan segala aspek termasuk lingkungan. Disini PR dapat di definisikan sebagai suatu fungsi manajemen yang mengevaluasi opini, sikap, dan perilaku publik, mengidentifikasi kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur suatu individu atau sebuah organisasi dengan kepentingan publik, dan merencanakan serta melaksanakan program aksi untuk memeroleh pengertian dan dukungan public. Jadi dapat disimpulkan bahwa sebagian besar suatu perusahaan bisa sukses karena usaha dari humasnya juga meski hanya dengan ucapan saja.
Peran perusahaan disini juga bukan hanya memproduksi suatu produk akan tetapi perusahaan pun mau tidak mau harus mengikuti aturan pemerintahan yang super ketat. Dimana harus melewati tahan-tahan pemeriksaan tentang isi perusahaan itu. Contohnya saja perusahaan makanan yang di produksi dari negeri luar mesti dilihat kualitas makanannya apakah layak pakai atau tidak. Bukan hanya dilihat dari produknya akan tetapi pemerintah memiliki serangkaian pemeriksaan dari mulai cara pembuatan sampai menjadi suatu produk, seperti contoh pemeriksaan kualitas bahan mentah dan yang paling utama adalah hasil pembuangan atau bisa dikatakan limbah dari perusahaan itu bisa merugikan lingkungan atau tidak. Jadi tidak aneh jika suatu perusahaan sangat berpengaruh terhadap perkembangan jaman. Karena suatu perusahaan akan menghasilkan suatu produk yang sangat menghasilkan banyak keuntungan ketika pasar meminta sutu produk yang menurut public itu mendunia.
Sering kali konsumen membutuhkan produk yang berlebihan, padahal suatu perusahaan memberikan produk maupun jasa secara terbatas. Ini disebabkan karena bahan dasar dan SDM yang semakin tipis yang tidak di imbangi dengan pemulihan SDM itu sendiri. Karena desakan para konsumen, disini perusahaan mengeruk keuntungan dengan menaikan harga atau pun membuat produk itu sendiri tanpa memperdulikan SDM yang sudah menipis ini. Disini tugas humas atau PR berperan untuk menutupi kekurangan perusahaan ini, dengan mengalihkan kepada produk lain yang lebih berkualitas.
Pada umumnya humas merupakan bidang atau fungsi tertentu yang diperlukan oleh setiap organisasi, baik itu organisasi yang bersifat komersial (perusahaan) maupun organisasi yang non-komersial. Mulai dari yayasan, perguruan tinggi, dinas militer sampai dengan lembaga-lembaga pemerintahan, dan usaha bersama. Kebutuhan akan kehadirannya tidak bisa dicegah terlepas dari kita menyukainya atau tidak, karena humas merupakan salah satu elemen yang menentukan kelangsungan organisasi secara positif. Arti penting humas sebagai sumber informasi terpercaya kian terasa pada era globalisasi sekarang ini.
Jadi dapat dikatakan humas atau PR perusahaan adalah tulang punggung perusahaan, jika perusahaan itu ingin mendapatkan reputasi yang baik dan meningkatkan citra perusahaan maka harus memiliki humas atau PR yang kredibilitas dan memiliki banyak strategi untukmeningkatkan citra perusahan di mata konsumen. Apa lagi di dunia globalisasi sekarang ini persaingan bukan hanya di kalangan perusahaan besar tapi perusahaan kecil pun ikut adil dalam dunia bisnis.
Sesungguhnya konsumen memiliki keinginan ingin mendapatkan produk yang berkualitas dan terjamin kualitasnya mungkin disini konsumen tidak tau apapun tentang produk yang di dagangkan dan apa kegunaannya, apalagi proses pembuatannya. Yang mereka tahu bahwa perusahaan itu selalu merusak lingkungan dan menimbulkan efek yang merugikan pada lingkungannya seperti asap karbon dioksida yang berlebihan dan  limbah yang merugikan lingkungan sekitar. Seperti air yang tercemar dan sering mendapat keluhan dari para petani yang dekat dengan suatu perusahaan.
Bukan hanya di segi lingkungan ada beberapa lagi yang kejahatan suatu perusahaan misalnya: a) kejahatan dibidang ekonomi, antara lain berupa perbuatan tidak melaporkan keuntungan perusahaan yang sebenarnya, menghindari atau memperkecil pembayaran pajak dengan cara melaporkan data yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, persengkongloan dalam penentuan harga, memberikan sumbangan kampanye politik secara tidak sah. b) kejahatan dibidang sosial budaya, antara lain; kejahatan hak cipta, kejahatan terhadap buruh, kejahatan narkotika dan psikotropika; dan c) kejahatan yang menyangkut masyarakat luas. Hal ini dapat terjadi pada lingkungan hidup, konsumen dan pemegang saham. Kejahatan terhadap lingkungan hidup berupa pencemaran dan atau perusakan kondisi tanah, air dan udara suatu wilayah. Dengan demikian, dalam kejahatan lingkungan hidup, dapat ditafsirkan lebih luas dalam konteks kerusakan yang berakibat luas, mengakibat bencana dan merugikan umat manusia, seperti illegal logging atau pembalakan liar.
Sebenarnya konsumen telah di lindungi oleh pemerintah akibat kerusakan yang ada oleh perusahaan itu. Selain pihak pemerintah usaha perusahaan pun bisa dikatakan baik. Di awal dari seorang humas perusahaan itu sendiri. Dengan menginformasikan kepada public tentang kebersihan perusahaan itu, mulai dari cara pemilihan, alat yang digunakan, sampai hasil produksi. Bukan hanya itu peran PR disini menjelaskan upaya yang melindungi alam pada perusahaan itu seperti ikut serta dalam menanam pohon di tanah yang gundul, sampai mendaur ulang hasil produknya yang masih bisa di pakai. Banyak contoh yang ada di dunia ini untuk melindungi lingkungan dan SDM, seperti contoh di perusahaan bank di Amerika yang mendaur ulang kertas bekas mereka, selain itu perusahaan P & G yang produk menggunakan kemasan botol yang di daur ulang botol yang sudah tidak dipakai atau sudah dipakai, dan banyak lagi yang bisa di lakukan oleh perusahaan itu sendiri.
Oleh karena itu keberhasilan humas bagi sebuah perusahaan sangatlah penting terutama untuk memberikan pencitraan yang baik dan positif. Hal yang bisa dianggap berhasil bagi humas maupun perusahaan ini karena kegiatannya yang mampu bisa mengatasi terjadinya kerusakan dalam lingkungan di suatu perusahaan, dan memberikan efek yang berupa respon yang positif dari pihak khalayak. Selain itu suatu perusahaan dapat menciptakan dan mengwujudkan hubungan harmonis antara pimpinan dan karyawannya sendiri. Ini dilakukan semua dengan upaya membina hubungan yang sudah baik dan upaya mencegah terjadinya hubungan yang retak. Kekuat dan kesolid dapat menarik para usahawan untuk menanamkan sahamnya. Karena perusahaan tidak akan berjalan jika tidak menjual saham untuk mengembangkan perusahaan itu sendiri.  Semua itu dilaku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar