Rabu, September 28, 2011

Resume Video dengan Kaitan Bab III


Resume Video dengan Kaitan Bab III

            Disini akan menceritakan tentang bagai mana cara menerima informasi dengan menggunakan alat indra kita. Alat indra yang kita miliki bukan hanya saja penglihata, pendengaran, dan perasaan saja tapi melainkan panca indra lainnya. Proses pengelolaan informasi yang disini kita sebut komunikasi intrapersonal dimana meliputi sensasi, persepsi, memori dan berpikir.

            Awal mulanya video ini mecritakan tentang bagai mana hewan menerima informasi. Seperti contoh seekor hiu laut yang terbisa memakan daging yang masih segar dan masih memiliki darah suatu ketika dia diberi makanan daging ayam yang sudah di bersihkan dengan cepat otaknya berfikir bahwa ini bukan makanan saya. Cara kerjanya yang pertama adalah alat indra, menurut hiu dengan alat indra penciumannya itu tidak amis atau bau darah jadi menutur mereka itu tidak enak. Ini adalah contoh dari sensasi dimana menitik beratkan pada alat indra nya. Sensasi itu sendiri adalah proses penangkapan stimulasi. Contoh lain misalnya seorang yang telah di beri farfum bau busuk semua orang pasti akan menjauhi dirinya tanpa mengetahui apa itu.

            Pengalaman atau bisa dikatakan persepsi. Persepsi itu sendiri adalah pengalaman tentang objek, peristiwa, atau hubungan-hubungan yang telah diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Contohnya saja di video itu menunjukan seseorang yang baru pertama kali memakan kerang busuk atau pun serangga kering awalnya mereka shok dan tidak ingin lagi memakannya, dan pada suatu hari di hidangkan dengan menu seperti itu dia sudah menolaknya sebelum dia memakannya, karena menurut mereka menjijikan. Apa yang mereka tangkap dia sudah menilai bawasannya itu tidak layak di makan.

            Memori adalah system yang sangat berstruktur, yang menyebabkan organisme sanggup merekam dakta tentang dunia dan menggukakan pengetahuannya untuk membingbing perilakunya. Dimana memori ini bertindak sebagai data bank yang guna untuk menyimpan hal yang sudah di persepsikan terlebih dahulu. Contohnya saja di video itu ditunjukan pada seekor kambing yang pertama lahirnya di rawat oleh anjing, sehinggga ketika dia berajak dewasa dia berperilaku seperti anjing meski selalu ada perbedaan dari satu sama alin. Ketika pada kondisi kambing itu di kepung oleh anjing dia tidak takut, malah dia seolah-olah berani melawan anjing itu. Seperti halnya kejadian yang menimpa manusia yang di asuh pertama kalinya oleh serigala, sehingga dia perperilaku seperti serigala tapi dapat kemungkinan manusia serigala itu bisa di seperti semuala kembali menjadi manusia normal.

            Berfikir adalah proses penarikan kesimpulan. Berfikir ini adalah proses terakhir yang diterima otak. Diman di mulai dari sensasi kemudian persepsi memori dan terakhir berfikir. Contohnya seorang balita berfikir masih awan tentang pengetahuan, dia belum tahu yang mana asin asam atau pun pedas. Tapi dengan menggunakan alat indranya dia akan bereaksi secara cepat apa bila makananya itu asam, pedas atau pun manis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar